Senin, 21 Januari 2008

Presiden Gasing Indonesia Berpulang


H. Jumain salah seorang seniman Kepri yang mengkhusukan dirinya pada pelestarian gasing dan lukah meninggal dunia Sabtu malam jam 23.45 di RS Otorita Batam. H. Jumain adalah seniman Kepri yang menerima penghargaan Upakarti Pelestari Budaya Tahun 2006 dari Presiden Susilo Bambang Yudhono. Almarhum H. Jumain semasa hidupnya mendapat gelar Presiden Gasing Indonesia karena dedikasinya yang tinggi terhadap pelestarian olahraga dan seni tradisional Melayu.

“Almarhum sangat berjasa bagi pelestarian seni budaya Melayu terutama permainan gasing. Gasing yang selama ini hampir telah dilupakan oleh masyarakat Melayu terutama generasi muda dalam permainannya telah berubah sejak Almarhum H. Jumain berusaha keras untuk melestarikannya. Kita kehilanagan salah satu seniman besar Kepri ini, ucap Gubernur Kepri Ismeth Abdullah ketika melakukan ucapan terakhir pada pemakaman H. Jumain di Pulau Sekanak, Belakangpadang, (Minggu 23/12).

Gubernur Kepri menambahkan semua usaha keras H. Jumain untuk melestarikan permainan gasing Melayu perlu kita pertahankan dan tingkatkan sehingga tidak sia-sia apa yang telah di rintis beliau. Kepada Keluarga H. Jumain yang ditingalkan yaitu Istri dan tiga anak hendaknya tabah akan kehilanganan ini dan semua anaknya tetap mesti sekolah karena Pemerintah Provinsi akan memberikan beasiswa bagi mereka.

Dalam kesempatan ini Gubernur Kepri ditemani oleh Kadis Dipenda Amhar Ismail, Kabiro Hukum dan Organisasi Muhammad Nur, Kadis Disperindag Jon arizal, Asisten Administrasi Arifin dan Kepala Badan Kesnbanglinmas Arifin.

Tidak ada komentar: